Tugas Seorang Nautika Dan Mualim


Nautika merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana dalam mengemudikan kapal yang baik dari satu tempat atau pelabuhan ke tempat yang lainnya. Profesi dari ilmu ini disebut dengan Nahkoda atau juga dapat disebut dengan Mualim 1, Mualim 2 dan Mualim 3. Mualim itu sendiri merupakan pembantu dari nahkoda atau sebagai anak buah nahkoda.

Tugas-tugas mualim dan tanggung jawab sebagai mualim yang pertama adalah memeriksakan posisi kapal, memeriksakan kesalahan dari kompas, memeriksakan juga haluan yang dikemudiakan nahkoda dan dari semua peralatan komponen navigasi yang ada di anjungan. Kedua adalah memeriksakan keadaan di sekeliling kapal, baik itu keadaan perairan, benda atau komponen navigasi dan lainnya. Ketiga adah membawa kapal dengan baik dan selamat dengan sesuai dari peraturan nasional dan juga peraturan internasional yang sudah ditetapkan. Keempat adalah Mualim bertugas juga untuk mengamati secara baik dengan menggunakan panca inderanya mengenai keseluruhan bagian kapal dan juga bagian sekiatarnya dan bertindak dengan sesuai aturan yang benar. Kelima adalah Mualim bertugas dalam melaporkan kepada Nahkoda jika memang terjadi sebuah situasi yang meragukan.

Selain itu masih ada tanggung jawab dan tugas seorang nautika dan mualim yang harus dipegang oleh seorang Mualim adalah pertama menjaga dari keamanan dan juga keselamatan kapal, keselamatan penumpang dan juga muatan dengan menentukan posisi dari kapal secara rutin dan juga melashing dari semua muatan yang dibawa oleh kapal. Lalu Mualim juga bertanggung jawab dalam menjalankan semua perintah dari nahkoda seperti Mualim tidak diperbolehkan untuk meninggalkan ajungan kecuali ada seorang pengganti Mualim atau nahkoda. Pada umumnya jika nahkoda kapal sudah membuat suatu Standing Orders, hal itu merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang Mualim. Mualim juga bertugas untuk menjalankan semua peraturan seperti berjaga-jaga dengan baik dan sesuai dengan aturan yang sudah ada dan tercantum di dalam P2TL. Mualim juga harus berkoordinasi dengan seorang perwira yang menjaga mesin atau masinis jaga dan terakhir Mualim bertugas untuk memberitahukan kepada Nahkoda kapal jika terjadi situasi yang darurat.

Author: Nining Qu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *