Tugas Seorang Nahkoda


Seperti yang telah kita ketahui bahwa nahkoda merupakan jabatan yang paling tinggi di dalam struktur organisasi di dalam kapal. Namun pernahkan kalian semua bertanya dalam hati sebenarnya tugas utama seorang nahkoda itu apa ya? Nah, pada bahasan kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang siapa dan apa sih tugas-tugas yang harus diemban oleh seorang nahkoda? Tugas seorang nahkoda yang pertama dan yang utama adalah membawahi seluruh awak kapal yang memiliki jabatan sesuai dengan yang tertera pada struktur organisasi di atas kapal.

Nahkoda Kapal

Peran dan tugas nahkoda secara umum adalah sebagai pemegang kewibawaan umum di atas kapal. Sedangkan tanggungjawab nahkoda kapal secara singkat adalah sebagai berikut:

1. Bertugas memperlengkapi kapal sesempurna mungkin baik itu dalam hal logistik kapal maupun logistik untuk awak kapal.
2. Dapat mengawaki dan mengendalikan kapal yang dibawa secara layak dan pastinya juga harus disesuaikan dengan aturan maupun prosedur yang berlaku secara resmi di dunia pelayaran.
3. Mengusahakan agar kapal yang akan dibawanya layak untuk melaut atau yang sering disebut seaworthy. Hal ini cukup penting dilakukan untuk meminimalisir insiden pada saat kapal berlayar.
4. Dan tentu saja seorang nahkoda memiliki tanggung jawab penuh atas keselamatan pelayaran.
5. Ini juga tentunya akan berhubungan erat dengan tanggung jawab lainnya dari seorang nahkoda yaitu memastikan keselamatan para pelayaran yang berlayaran bersamanya di atas kapal.
6. Yang terakhir adalah berusaha sebaik mungkin mematuhi perintah pengusaha kapal.

Hal Lain yang Perlu Diketahui

Ada beberapa hal lain yang perlu kita ketahui selain tugas dan tanggung jawab pokok dari seorang nahkoda. Bagi kalian yang berminat untuk menjadi nahkoda, kalian harus menempuh pendidikan nahkoda kapal di sekolah pelayaran yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Nah, bagi kalian yang misalnya saja sudah selesai mengikuti pendidikan di sekolah pelayaran dan ingin bekerja sebagai nahkoda, banyak lowongan nahkoda kapal yang biasanya akan ditempatkan di kapal-kapal komersil maupun kapal pesiar.

Author: Ashri Rizki Rabani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *