Tentang Gelombang Laut


Laut akan dan sudah menjadi bagian anda, saat anda memasuki sekolah pelayaran. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, maka mengenal laut adalah hal penting yang perlu anda lakukan. Salah satu hal yang sangat umum dibicarakan di diklat pelayaran atau kelas pelayaran adalah mengenai gelombang laut.

Apa Itu Definisi Gelombang Laut?
Bila kita berbicara apa itu gelombang laut, maka definisi yang jelas belum ditetapkan hingga saat ini. Akan tetapi, beberapa ahli dibidang pelayaran dan militer angkatan laut mendefinisikan gelombang laut sebagai fenomena naik turunnya permukaan air laut di suatu area. Ada juga salah satu ahli yang mendefinisikan gelombang laut sebagai gangguan yang terjadi disuatu permukaan air laut yang mempengaruhi kapal.

Jenis-Jenis Gelombang Laut
Untuk membedakan jenis gelombang laut, kita perlu melihatnya dari faktor penyebab terjadinya gelombang laut. Yang pertama adalah gelombang yang disebabkan oleh angin. Gelombang yang disebabkan oleh angin juga dibedakan menjadi 2 dalam dunia pelayaran, yaitu Sea yaitu gelombang laut yang tidak menentu dan Swell yaitu gelombang laut yang disebabkan oleh angin yang sudah meninggalkan area yang dipengaruhi angin dan bergerak secara teratur. Yang kedua adalah gelombang laut yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Di Indonesia ada 2 macam gelombang ini, yaitu tipe diurnal yaitu gelombang yang terjadi akibat 1 kali pasang dan 1 kali surut dalam satu hari, terjadi di daerah Jawa dan Kalimantan dan semi diurnal yang terjadi akibat 2 kali pasang dan 2 kali surut dalam satu hari yang terjadi didaerah timur Indonesia.Yang ketiga adalah gelombang yang diakibatkan oleh bencana alam, seperti badai dan tsunami. Tentunya, bila anda nanti bekerja di perusahaan pelayaran, gelombang semacam ini harus dihindari. Dan jenis gelombang terakhir adalah gelombang seiche atau diam. Gelombang diam ini terjadi akibat perubahan keadaan atmosfir secara mendadak. Mungkin saat anda mencari lowongan kerja pelayaran, anda tidak akan ditanya tentang jenis gelombang ini. Tapi, dengan mengetahui informasi mengenai gelombang laut, anda akan dapat sangat tertolong saat anda berlayar guna untuk menghindari kecelakaan.

Author: Nining Qu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *