Seputar Pelabuhan di Indonesia


Pelabuhan merupakan sebuah fasilitas yang dibangun untuk mensuport berbagai aktivitas transportasi laut. Pelabuhan dibangun di tepi samudera sebagai tempat penghubung antara daratan dan lautan, serta merupakan tempat berlabuhnya kapal setelah menempuh perjalanan panjang mengarungi lautan. Pelabuhan berdasarkan lingkup pelayanannya dibagi menjadi dua yaitu pelabuhan umum dan pelabuhan khusus. Jika pelabuhan umum diperuntukan oleh seluruh kalangan masyarakat, baik bagi perusahaan pelayaran, sekolah pelayaran, maupun individu, maka pelabuhan khusus dikelola untuk memfasilitasi kepentingan sendiri seperti pelabuhan milik militer angkatan laut yang hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu untuk aktivitas tertentu seperti diklat pelayaran.

Pelabuhan di Indonesia
Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 2400 pelabuhan berskala lokal, regional, nasional dan internasional yang tersebar dari sabang sampai merauke. Jumlah pelabuhan yang cukup banyak di Indonesia tidak lepas dari posisi geografis Indonesia yang terletak diantara dua benua dan samudera besar. Diantara banyaknya nama dalam daftar pelabuhan di Indonesia, pelabuhan Tanjung Periok yang terletak di Jakarta Utara merupakan pelabuhan yang terbesar dan tersibuk saat ini. Pelabuhan Tanjung Periok berfungsi sebagai pintu gerbang bagi aktifitas ekspor dan impor dalam skala nasional maupun internasional bagi wilayah pulau Jawa bagian barat. Hal ini tidak terlepas dari predikat pulau jawa sendiri yang juga merupakan pulau tersibuk dan terpadat di Indonesia, sehingga aktivitas perdagangan dan lowongan kerja pelayaran pun banyak terdapat di pulau ini.

Kapasitas pelabuhan di Indonesia
Kapasitas pelabuhan di Indonesia sendiri tergantung akan kepadatan aktivitas di daerah dimana pelabuhan berlokasi, jenis pelabuhan berdasarkan lingkup pelayaran, dan beberapa faktor lain. Pelabuhan dengan skala lokal digunakan untuk mensuport aktivitas kelautan dan pelayaran dalam lingkup dan jumlah kecil sehingga kapasitas yang disediakan tidak terlalu besar. Pada pelabuhan berskala regional, cakupan lingkup pelayanannya lebih luas hingga ke skala nasional, namun masih dalam jumlah yang kecil. Untuk pelabuhan nasional melayani aktivitas utama tersier dalam cakupan nasional dan internasional dengan jumlah menengah. Sedangkan untuk pelabuhan berskala internasional, kapasitas yang disediakan merupakan yang terbesar karena pelabuhan intermasional melayani aktivitas kelautan dalam lingkup nasional dan internasional dengan jumlah besar.

Author: Reistha Ditha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *