Peraturan Pencegahan Tubrukan Di Laut Internasional


Peraturan keselamatan pelayaran
Setiap orang mungkin sudah tahu bahwa setiap pekerjaan memiliki resiko kerja. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar resiko tersebut bisa diminimalisir. Dalam pelayaran, resiko pekerjaan sangat tinggi. Oleh sebab itu, setiap pelaut memiliki kewajiban yang besar untuk mengurangi resiko tersebut. Walaupun para pelaut sudah belajar mengenai peraturan keselamatan di sekolah pelayaran, mengingat kembali peraturan keselamatan kerja pelaut adalah penting. Pada dasarnya, seluruh pelaut harus menaati peraturan yang sudah dibuat agar tidak membahayakan kapal, para awak, ataupun kapal lain beserta awaknya. Namun pada keadaan-keadaan tertentu, penyimpangan dari peraturan dapat dilakukan jika ada beberapa hal yang harus dilanggar agar selamat.

Pasal-pasal peraturan pelayaran
Setiap perusahaan pelayaran di Indonesia harus memberikan informasi yang lengkap tentang pasal-pasal penyelamatan. Berikut ini adalah pasal 2 dalam peraturan pencegahan tubrukan di laut. Pasal 2 berisi tentang tidak aka nada kebebasan yang diterima oleh kapal ataupun orang-orang yang berada di dalam japal jika melakukan kelalaian dalam menaati aturan yang sudah ditetapkan. Keadaan khusus yang terjadi di tempat kapal berada dan kebiasaan setiap pelaut menjadi dasar dari pasal tersebut. Pelaut juga harus memperhatikan bahaya tubrukan dan bahaya navigasi yang mungkin terjadi pada keadaan khusus yang mungkin memaksa mereka untuk menyimpang dari aturan untuk menghindari bahaya yang mendadak.

Banyak sekali hal-hal tentang peraturan pencegahan tubrukan di laut yang bisa didapatkan oleh para pelaut di diklat pelayaran. Pengetahuan yang dimiliki juga bisa memberikan rasa aman terhadap resiko yang mungkin dialami selama membawa kapal di laut lepas. Pengetahuan tersebut pun membuat pelaut menjadi lebih waspada. Kewaspadaan tersebut termasuk dalam memperhitungkan resiko yang mungkin menimbulkan bahaya ketika pelaut mengambil sebuah tindakan. Setiap pelaut harus mengetahui dan mengerti inti dari pasal-pasal yang terdapat pada peraturan pencegahan tubrukan di laut. Inti dari peraturan tersebut adalah penerapan, pertanggungjawaban, definisi umum, penerapan, pengamatan, laju aman, bahaya tubrukan, tindakan untuk mencegah bahaya tubrukan, alur pelayaran sempit, bagan pemisah lalu lintas, penerapan, kapal layar, penyusulan, situasi berhadapan, situasi berpotongan, tindakan oleh kapal yang member jalan, dan masih banyak yang lainnya.

Author: Nining Qu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *