Pentingnya Fungsi IMO Di Dunia Pelayaran


Agensi Kelautan Amerika Serikat
Salah satu agensi kelautan paling terkenal adalah IMO (International Maritime Organization). Organisasi terkemuka ini amatlah menjadi panutan di dunia kelautan. Tugas IMO (International Maritime Organization) adalah untuk menjaga keamanan, keselamatan, dan pencegahan adanya polusi dari kapal. Mau tidak mau, kita harus mengakui bahwa pengiriman dengan menggunakan jalur laut adalah salah satu cara pengiriman paling dipegunakan di dunia. Bahkan, pada faktanya lebih dari 90% dari perdagangan dunia dilakukan dengan menggunakan pengiriman laut. Ini dikarenakan pengiriman dengan menggunakan jalur laut memungkinkan penghematan harga yang cukup besar jika dibandingkan udara, dan pengiriman lewat laut juga lebih bersih dan aman. Awalnya, belum banyak yang memahami betapa pentingnya sebuah badan pengaturan kelautan, sampai terjadinya kecelakaan kapal paling fenomenal sepanjang sejarah, Titanic di tahun 1912. Ketika kecelakaan yang menelan banyak korban itu terjadi, barulah dipahami betapa pentingnya untuk diciptakan suatu peraturan di laut untuk keamanan bersama.

Singkatnya, pengertian IMO adalah sebagai organisasi dunia yang akan melakukan konvensi dan menerbitkan berbagai peraturan kelautan demi terciptanya lalu lintas laut serta keamanan di laut. IMO sendiri juga akan bertindak sebagai fasilitator berbagai kepentingan yang mungkin bersinggungan dan akan menerbitkan peraturan untuk menciptakan keamanan, keselamatan dan kesehatan lautan.

Cakupan Tugas IMO
Jika kita hendak melihat cakupan IMO, marilah kita melihat tugasnya secara keseluruhan. IMO menjadi pencipta sekaligus pengawas penerapan SOLAS (Safety of Life at Sea). IMO akan mengawasi keamanan di lautan manapun di dunia dan memastikan bahwa tidak adanya lagi praktek perapokan di laut, IMO memastikan bahwa kehidupan di laut akan berlangsung dengan tanpa ada saling ganggu antara manusia dan berbagai hewan yang hidup di dalamnya dengan tidak adanya polusi lautan, IMO mengadakan konvensi kelautan secara berkala untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan semua masukan dari berbagai belahan dunia, IMO berusaha menciptakan cara efektif bagi para pelaku bisnis untuk bisa mengirimkan barang ke Negara tujuan tanpa harus banyak melalui birokrasi, dan IMO juga akan menjadi fasilitator untuk terjalinnya kerja sama antar berbagai pihak demi keuntungan bersama.

Author: Ashri Rizki Rabani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *