Mengenal Dokumen Pada Kapal

Dalam dunia perkapalan, kelengkapan dokumen sangat penting agar proses pelayaran bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa dokumen kapal cargo yang penting :

Pengertian Resi Mualim dan Surat Jaminan

Mate recipt atau resi mualim adalah sebuah dokumen yang digunakan sebagai tanda terima yang diberikan oleh pihak kapal kepada pemuat muatan. Biasanya isi dokumen ini digunakan sebagai dasar pembuatan dokumen Bill of Lading (B/L) atau konosemen. Secara umum, muatan yang diangkut pada kapal harus sesuai dengan dokumen yang ada pada resi mualim.Namun, apabila ternyata isinya berbeda, mualim diharuskan untuk membuat catatan tambahan pada resi mualim yang dimiliki. Selain itu, mualim juga bisa membuat cargo damage report. Dokumen ini harus digandakan beberapa buah untuk kepentingan pelayaran. Dokumen diberikan kepada pihak agen, kapal, pemuat muatan dan pihak lain yang berkepentingan.

Surat jaminan atau letter of indemnity adalah sebuah dokumen cargo yang berisi tentang pengakuan dari pihak pemuat muatan akan adanya kerusakan pada muatan yang dibawanya. Surat ini digunakan supaya dari konosemen tidak ditulis lagi perihal kerusakan yang sudah ada. Pihak yang bersangkutan akan mendapatkan dokumen Clean Bill of Lading. Fungsi dari surat jaminan adalah menghindarkan pengangkut muatan dari claim ganti rugi dari kerusakan yang sebenarnya sudah ada. Biasanya surat ini hanya diberikan kepada pemuat muatan tertentu yang sudah memiliki nama yang terkenal.

Shipping Order dan Shipping Instruction

Shipping Order atau dikenal juga dengan sebutan Shipping Instruction adalah dokumen yang berisi tentang penerimaan barang dan surat penurunan barang kapal cargo. Surat ini dibuat oleh pihak Shipper dan ditujukan kepada pihak Carrier sebagai pihak yang menerima dan memuat muatan pada kapal. Surat ini berisi tentang informasi mengenai nama dan identitas Shippers, nama pelabuhan tempat muatan akan dibongkar, nama dan jenis barang yang dimuat, jumlah dan volume pada barang dan informasi penting lainnya. Dokumen ini adalah salah satu dokumen paling penting dalam perkapalan. Apabila pihak agen sudah menerima surat ini, maka kedua belah pihak dari shipper dan carrier sudah terikat kontrak.

Author: Anandhita Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *