Mengatasi Keadaan Darurat Kapal Tenggelam


Ada banyak lowongan kerja pelayaran yang mensyaratkan agar anda mampu merespon keadaan darurat di kapal. Hal ini juga menjadi salah satu pengetahuan dan kemampuan yang anda perlukan dan harus anda kuasai, bila anda nanti ingin meneruskan ke jenjang karir di militer angkatan laut. Sebenarnya ada banyak hal yang perlu anda ketahui mengenai keadaan darurat dan cara mengatasi keadaan ini. Tapi, untuk kali ini, kita hanya akan membahas mengenai tindakan penyelamatan saat kapal mengalami kejadian akan tenggelam.

Alat-Alat Yang Diperlukan Pada Kejadian Kapal Tenggelam
Setiap kapal harus mempunyai beberapa perlengkapan berikut, agar saat terjadi kejadian ini, maka kita bisa meminimalisasi bahaya yang mengancam awak kapal dan penumpang. Perlengkapan yang harus ada adalah alat penyelamatan diri. Tentu anda sudah diperkenalkan disekolah atau diklat pelayaran tentang alat-alat ini, seperti pelampung penyelamat, baju berenang, sarana pelindung panas dan pakaian cebur. Alat-alat inilah yang dapat menjadi pembeda saat keadaan darurat ini terjadi. Selain itu, harus juga ada alat pemberi isyarat, seperti cerawat tangan, cerawat parasut dan isyarat asap apung. Anda yang nantinya bekerja di perusahaan pelayaran atau angkatan laut harus bisa menggunakan alat-alat tersebut untuk menyelamatkan awak kapal dan penumpang. Selain itu, anda juga harus menggunakan survival craft, seperti sekoci penolong, rakit penolong (kembung, tegar), roket pelempar tali untuk menuju ke daratan atau ke kapal bantuan.

Tindakan Evakuasi
Saat evakuasi, anda tidak boleh panik. Anda harus memberi rasa aman pada penumpang dan awak pelayaran lainnya. Pakai semua peralatan penyelamatan, seperti rompi penyelamat. Selain itu, pakai juga banyak pakaian untuk melindungi dari suhu dingin air laut. Minum air sebanyak-banyaknya dan kalau bisa, anda juga perlu membawa minuman dan makanan. Jangan lupa juga membawa ID Card dari sekolah pelayaran anda atau tanda pengenal lainnya. Cepat dan teratur pergi ke tempat berkumpul dimana sekoci penolong akan anda gunakan untuk meninggalkan kapal yang akan tenggelam. Dengan melakukan semua tindakan ini, maka keadaan darurat kapal tenggelam akan dapat teratasi tanpa menimbulkan bahaya yang lebih besar baik bagi anda, sebagai ABK, dan juga penumpang.

Author: Nining Qu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *