Kapal Tanker, Kapal Perkasa Pengangkut Bahan Bakar Minyak

Pengertian Kapal Tanker
Anda mungkin sering mendengar istilah kapal tanker, namun apakah anda mengerti benar arti dan fungsi dari kapal ini? Kapal tanker merupakan kapal yang dibuat untuk mengangkut minyak ataupun berbagai produk yang terbuat dari minyak. Minyak merupakan bahan bakar yang bisa amat berbahaya jika salah dalam pengangkutannya. Oleh karena itu, minyak membutuhkan transportasi khusus. Ada beberapa jenis utama kapal tanker. Jenis utama maksudnya adalah jenis kapal tanker yang paling sering diproduksi karena kebutuhan kapal ini paling banyak. Beberapa jenis kapal tersebut adalah kapal tanker minyak, kapal tanker bahan kimia yang mengandung minyak dan kapal tanker LNG. Karena bahan yang diangkutnya, Proses pembuatan kapal tanker memang menjadi lebih rumit jika dibandingkan dengan kapal pengangkut manusia ataupun pengangkut barang lainnya.

Adalagi spesifikasi kapal tanker menurut jumlah dari kapasitasnya. Kapal tanker dibagi menjadi paling tidak lima kategori. Kategori yang pertama adalah Ultra Large Crude Carrier atau yang biasa disingkat menjadi ULCC. Kapasitas dari kapal ini adalah 500.000 ton. Kapal kedua adalah VLCC atau Large Crude Carrier yang berkapasitas 300.000 ton. Selanjutnya adalah Suezmax yang memiliki kapasitas muatan 200.000 ton. Adalagi yang lebih kecil, yaitu Aframax (Average Freight Rate Assessment) yang berkapasitas sampai dengan 125.000 ton. Selanjutnya adalah kapal tanker terkecil dalam kapasitas yang disebut kapal Panamax dengan kemampuan angkut sebesar maksimal 79.000 ton.

Proses Pembuatan Kapal Tanker
Kapal tanker memiliki fitur keamanan yang luar biasa sehingga proes pembuatan kapal tanker memang terasa sangat rumit. Anda mungkin tidak dapat langsung melihat pembuatan kapal tanker, namun demikian paling tidak anda bisa melihat skesa kapal tanker di berbagai situs untuk mengetahui berbagai bagian dari kapal tanker dan bagaimana kapal tersebut dibangun. Ada pula beberapa situs yang akan memanjakan anda dengan pengetahuan lebih, yaitu dengan menyuguhkan foto berbagai langkah pembuatan kapal tanker sehingga walaupun tidak berada di tepat tersebut, anda memiliki bayangan akan proses pembuatan berbagai jenis kapal tanker.

Author: Ashri Rizki Rabani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *