Kapal Laut Dan Jenisnya


Alat pengangkut di laut
Kapal bisa dikatakan sebagai kendaraan yang mengangkut penumpang dan barang di laut atau sungai. Sampan dan perahu adalah jenis yang lebih kecil dari kapal. Karena kapal memiliki ukuran yang lebih besar maka kapal membawa perahu yang lebih kecil atau sekoci untuk penyelamatan selama pelayaran. Sebaliknya perahu tidak bisa membawa kapal karena ukuran perahu yang lebih kecil dari kapal. Ada undang-undang, peraturan, ataupun kebiasaan setempat yang menentukan apakah kendaraan pengangkut di laut disebut kapal atau laut. Sudah sejak zaman dahulu kapal digunakan untuk mengarungi lautan dan sungai oleh manusia. Saat ini, kapal pun masih menjadi alat transportasi yang banyak digunakan orang. Dan karenanya, banyak perusahaan pelayaran yang memiliki kapal untuk membantu orang-orang berpindah dari satu pulau ke pulau yang lainnya.

Jenis kapal
Kapal ternyata terdiri dari banyak sekali jenis yang dibedakan berdasarkan berbagai macam klasifikasi kapal. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis-jenis kapal berdasarkan klasifikasi dalam sistem. Jenis yang pertama dibedakan menurut sistem penggeraknya. Kapal pendayung atau bertenaga manusia menjadi salah satu contohnya. Kapal layar juga termasuk contoh kapal yang dibedakan oleh sistem penggerak. Kapal layar digerakkan dengan layar yang menggunakan tenaga angin sebagai daya dorongnya. Kontruksi yang digunakan terbuat dari kayu dan menjadi salah satu jenis kapal yang digunakan sejak zaman dahulu. Kapal uap, kapal diesel, dan kapal nuklir adalah contoh kapal yang masih masuk kedalam klasifikasi kapal yang dibedakan berdasarkan sistem penggerak.

Klasifikasi berikutnya dibedakan berdasarkan pada jenis pelayarannya. Contoh dari kapal jenis ini adalah kapal bantalan udara, kapal mengambang, kapal selam, dan kapal permukaan. Lalu, jika kapal dibedakan berdasarkan fungsinya kapal perang, kapal penumpang, kapal barang, kapal tanker, kapal feri, kapal pemecah es, dan ada beberapa macam lagi merupakan contoh kongkritnya. Kapal perang banyak dimiliki oleh militer angkatan laut. Karena banyaknya jenis kapal yang ada, maka lowongan kerja pelayaran pun semakin banyak. Sekolah pelayaran adalah salah satu sekolah yang mendidik siswa untuk menjadi pelayar yang tangguh. Diklat pelayaran juga perlu diikuti agar keahlian dalam berlayar semakin baik.

Author: Ashri Rizki Rabani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *