Kapal Itu Bernama Titanic


Pasti kalian semua sudah pernah mendengar mengenai kapal legendaris dunia yaitu Titanic. Tidak hanya sejarah Titanic saja yang membuat orang-orang penasaran, tetap juga karena kemegahan dan kemewahan kapal pesiar terbesar pada masanya ini. Tragedi kapal Titanic ini sudah menjadi buah bibir masyarakat baik pada masa itu maupun pada jaman modern seperti sekarang ini. Tragisnya kapal ini terletak pada pelayarannya pertamanya yang sekaligus menjadi pelayarannya yang terakhir. Dan tentu saja tidak hanya itu karena pada pelayaran perdananya tersebut banyak penumpang yang menjadi korban kapal pesiar paling mewah pada awal 1900-an ini.

Tragedi Kapal Titanic

Jika kalian ingin mempelajari sejarah singkat dan kisah seru lainnya tentang kapal Titanic maka mungkin tidak ada salahnya untuk menonton film-film dokumentasi mengenai Titanic yang memang sering ditayangkan di channel-channel seperti Discovery Channel dan lain sebagainya. Dari sana, kalian akan mendapatkan beberapa informasi detail yang tidak bisa kalian dapatkan misalnya saja ketika menonton film Titanic yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio yang walaupun berdasarkan kisah nyata yang terjadi di saat kapal tersebut tenggelam namun pada film tersebut kalian hanya akan terfokus pada alur cerita yang diceritakan dan bukan pada sejarah maupun informasi-informasi penting lainnya mengenai Titanic.

Tentang Kapal Titanic

Sebenarnya ada banyak informasi detail lainnya yang perlu kalian ketahui tentang kapal Titanic, misalnya saja mengenai spesifikasi kapal Titanic. Tentu kalian belum tahu kan kalau Titanic ini memiliki dua mesin dan empat silinder serta tiga baling-baling. Selain itu Titanic juga dilengkapi dengan satu turbin Parsons yang memiliki tekanan rendah yang berfungsi untuk menggerakkan ketiga baling-baling tersebut.

Setidaknya terdapat 29 ketel yang dipanaskan oleh lebih dari 150 perapian batu baru sehingga mampu menghasilkan kecepatan sampai 43 km/jam atau 23 knot. Titanic juga memiliki empat cerobong asap namun sebenarnya hanya tiga cerobong yang berfungsi sedangkan satu cerobong lagi digunakan sebagai lubang udara. Sedangkan kapasitas kapal Titanic sendiri adalah 3.547 penumpang dan juga awak kapal.

Author: Reistha Ditha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *