Jenis Peralatan Standar Pada Kapal


Ketika anda lulus dari sekolah pelayaran, maka bisa dikatakan anda siap bekerja di kapal. Untuk itu, anda perlu mengenal kapal anda dengan baik. Salah satunya standar peralatan yang harus ada di kapal. Mengapa? Kita tidak tahu kapan terjadi bencana. Bila anda tahu tentang peralatan standar yang dibutuhkan dalam pelayaran, maka anda dapat menggunakannya untuk mengatasi keadaan darurat yang mungkin terjadi.

Peralatan Komunikasi
Saat anda mencari lowongan kerja pelayaran atau saat bekerja di dunia pelayaran, komunikasi menjadi salah satu hal penting yang perlu anda kuasai. Tidak hanya teknik, tetapi juga alat-alat komunikasi yang anda gunakan di kapal. Peralatan komunikasi standar yang harus ada dikapal antara lain minimal 3 buah radio dua arah, minimal satu buah radar transponder, kapal harus mempunyai sistem alarm, alat penerangan yang menggunakan energi yang didapat dari berbagai sumber (tidak hanya energi listrik) dan minimal ada 12 flare parachute rocket. Semua peralatan komunikasi yang juga menjadi salah satu hal yang perlu anda ketahui dalam diklat pelayaran anda, harus memenuhi unsur radio life-saving appliance, on board communication, alarm system dan distress flare.

Peralatan Keselamatan
Tentu anda sudah tidak asing dengan peralatan seperti lifejacket, pelampung dan sekoci. Akan tetapi, yang perlu anda ketahui disini adalah jumlah dan kelengkapan yang sesuai dengan standar, baik itu untuk kapal penumpang atau militer angkatan laut. Untuk lifejacket, sebaiknya tersedia sebanyak 5% dari jumlah awak kapal. Tempat penyimpanannya juga harus terlihat jelas dan mudah diambil. Selain itu, setiap lifejacket harus dilengkapi dengan senter. Untuk pelampung, harus tersedia disetiap pintu disisi kapal dan setiap pelampung harus dilengkapi dengan senter dan sinyal asap. Setengah dari jumlah sekoci atau lifebuoy harus juga dilengkapi dengan lampu atau senter. Mungkin informasi yang kita bicarakan disini terdengar sepele. Akan tetapi, bila anda sudah bekerja di perusahaan pelayaran, mengetahui fungsi dan letak peralatan tersebut akan sangat berpengaruh pada keselamatan anda dan penumpang kapal saat terjadi berbagai keadaan darurat.

Author: Savina Mariska

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *