Instalasi Listrik Kapal


Untuk dapat beroperasi, seperti halnya peralatan elektronik kapal laut membutuhkan tenaga listrik. Penggunaan daya lisrik pada kapal ada pada berbagai aspek. Diantaranya yang dianggap paling penting adalah menggerakan motor dari peralatan bantu yang terletak di mesin geladak dan kamar mesin. Pemanfaatan listrik kapal disamping itu, antara lain adalah untuk keperluan sistem navigasi dan komunikasi, penerangan, lemari es/cold storage untuk makanan, sistem sanitasi, alarm, keperluan peralatan dapur, dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut pada kapal maka instalasi listrik kapal pun perlu dilakukan. Hal ini dilakukan dengan cara memasang generator sebagai sumber utama pembangkit listriknya serta pemasangan kabel-kabel guna keperluan distribusi listrik tersebut sendiri. Penambahan AC system juga mungkin akan diperlukan, sebab kebanyakan kapal jaman sekarang tidak lagi menerapkan sistem DC. Pemasangan kedua perlengkapan ini tidak dilakukan sembarangan. Beberapa perhitungan yang perlu dilakukan untuk menentukan keduanya akan dijelaskan sebagai berikut.

Generator
Seperti telah saya jelaskan diatas, generator merupakan sumber utama yang menyetor keperluan listrik kapal. Dalam perencanaan pengistalasian generator yang perlu ditinjau adalah seberapa besar kebutuhan listrik dari kapal tersebut. Perhatikan berapa kebutuhan minimum yang dibutuhkan kapal begitu juga buat batasan maksimum kebutuhan listriknya. Kebutuhan maksimal disini didasarkan pada rata-rata kebutuhan daya dari seluruh peralatan selama interval waktu tertentu pada saat pengoperasian kapal. Hal ini diperlukan untuk menentukan kapasitas generator yang akan digunakan. Sementara itu, kebutuhan minimum digunakan untuk menentukan kapan generator listrik akan dioperasikan dengan serta menentukan konfigurasi dari electric plant yang sesuai untuk digunakan di kapal tersebut.

AC Listrik System
Seperti yang telah sampaikan sebelumnya, ini merupakan sistem yang lebih sering digunakan untuk sistem listrik pada kapal-kapal sekarang. Peralihan penggunaan sistem DC ke sistem AC pada pemasangan listrik kapal dikarenakan sistem AC memiliki beberapa keunggulan diatas sistem DC. Sistem AC dianggap lebih sederhana dan tidak terlalu kompleks dalam pemasangannya. Kemudahan dalam perawatan adalah keunggulan selanjutnya. Disamping itu alasan biaya yang lebih murah juga menjadi nilai tambah tersendiri.

Author: Reistha Ditha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *