Hal Penting Dalam Maneuver Kapal


Sebagai seorang yang akan bekerja dan hidup didunia pelayaran, anda harus mengetahui segala pengetahuan dan juga menguasai kemampuan untuk berlayar. Pengetahuan dan kemampuan manuver kapal adalah salah satunya. Bisa dikatakan, hal ini menjadi sangat penting, khususnya bila anda ingin bekerja dibidang militer angkatan laut, dimana anda harus mampu menggerakan kapal untuk mengejar musuh atau menghindarinya. Bila anda ingin mengetahui lebih jelas tentang cara-cara manuver kapal, anda bisa mengikuti diklat pelayaran tentang Maneuver kapal. Tapi, kali ini, kita akan membahas tentang manuver kapal itu sendiri.

Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Manuver Kapal
Ada banyak faktor dalam sebuah kapal yang sangat mempengaruhi berhasil tidaknya anda untuk mengendalikan kapal dan melakukan manuver saat anda berlayar. Faktor-faktor tersebut antara lain, bentuk badan kapal, sistem propulsi, sistem kemudi, muatan kapal, kecepatan kapal, trim haluan, diameter daun baling-baling kapal, dimensi lunas dan perbandingan lebar dan panjang kapal. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan oleh perusahaan pelayaran yang membuat kapal, sehingga keamanan kapal dapat terjamin. Selain itu, faktor-faktor tersebut juga mempengaruhi seberapa mudah anda untuk mengendalikan kapal. Dan, mungkin hal ini sudah pernah disampaikan di pelajaran sekolah pelayaran yang anda ikuti, yaitu enam derajat kebebasan atau six degree of freedom. Konsep pergerakan kapal ini juga mempengaruhi kemampuan kapal dalam bermanuver. Jadi, anda benar-benar harus memahami dan merasakan secara langsung 6 konsep pergerakan kapal ini untuk dapat bermanuver dengan kapal yang anda pegang.

Standarisasi Maneuver Kapal
Ada badan yang bernama IMO atau International Maritime Organization yang mengatur tentang kemampuan kapal untuk bermanuver. Mereka menilai kelayakan kapal dalam bermanuver di tempat dalam dan dangkal. Penilaian yang mereka gunakan adalah turning ability atau kemampuan kapal untuk bergerak memutar, course keeping dan yaw checking ability, yaitu kemampuan kapal untuk bergerak sesuai dengan kendali anda dan juga stopping ability, yaitu kemampuan kapal untuk berhenti. Pengetahuan ini sangat penting untuk anda disaat mencari lowongan kerja pelayaran atau saat bekerja nanti, agar anda bisa menjadi seorang profesional yang bertanggung jawab.

Author: Nining Qu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *