BP2IP Barombong, Semakin Sukses di Dunia Pelayaran


Menurut survey, pengangguran di Indonesia masih belum jua berkurang jumlahnya. Lulusan para perguruan tinggi yang berjumlah ribuan tiap tahunnya belum menunjukkan prospek yang positif terhadap penurunan jumlah pengangguran, bahkan jumlah pengangguran ini semakin membengkak saja. Memang animo masyarakat yang sangat mengidolakan profesi di berbagai instansi pemerintah seperti PNS (Pegawai Negeri Sipil), lembaga keuangan seperti bank, akuntan dan hiburan (artis, penyanyi, presenter) membuat para generasi muda kita seakan-akan hanya terpacu pada profesi tersebut.

Profil BP2IP Barombong
BP2IP (Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran) Barombong merupakan sekolah pelayaran yang mendidik para calon taruna dan taruni professional dan berkompeten di dunia pelayaran. Balai diklat ini diasuh langsung oleh Menteri Perhubungan sebagai bentuk kaderisasi dari sumber daya manusia salah satu transportasi penting di negara kita yakni transportasi laut. Profil BP2IP Barombong yang lengkap dapat Anda lihat di internet. Namun perlu Anda ketahui bahwa BP2IP Barombong telah sukses mencetak kader tarunanya dan kini sudah sukses bekerja di berbagai perusahaan perkapalan dan pelayaran baik di dalam negeri maupun luar negeri dengan penghasilan yang cukup fantastis.

Negara kita serius dalam mengadakan balai diklat ini terbukti dengan didukungnya proses pendidikan di balai ini dengan berbagai fasilitas yang memadai dan program pendidikan yang matang dan mampu mengkader generasi mudanya dalam mendalami ilmu pelayaran dan maritime. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena negara kita sebagian besar terdiri atas pulau-pulau yang dipisahkan oleh lautan luas.

Program Diklat dan Syarat Calon Pendaftar Baru BP2IP Barombong
BP2IP tidak ketinggalan dalam mengadakan diklat pelayaran dengan berbagai jurusan diklat yang disediakan. Ada kurang lebih 17 jenis program diklat yang ditawarkan dengan berbagai sertifikat dan masa pendidikan yang juga variatif. Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri pastikan Anda memenuhi syarat yang dibutuhkan yakni berjenis kelamin laki-laki, sehat jasmani dan rohani, bebas dari narkoba, memiliki SKCK, belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama proses pendidikan berlangsung. Prosedur pendaftaran BP2IP Barombong yakni melakukan registrasi dan membayar biaya registrasi, mengumpulkan foto 4 x 6 terbaru dan mengikuti tes yang disyaratkan melipti psikotest, tes kesehatan, tes fisik dan interview dalam Bahasa Inggris.

Author: Reistha Ditha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *