Belajar Pengelolaan Transportasi di STMT Trisakti

Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti adalah pilihan bagi siapapun yang ingin belajar mengenai manajemen trasportasi. Sekolah ini pada tahun 1970 awalnya dikenal sebagai Akademi Angkutan Udara Niaga (AAUN) Trisakti. Melalui Keputusan Mendikbud No.0860/O/1986 tanggal 6 Desember 1986, status dan namanya kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti. Awalnya hanya ada 2 jenjang pendidikan yang berjalan yaitu pendidikan D III dan pendidikan DIV. Secara bertahap, STMT Trisakti mulai menambah program studi dan jenjang pendidikan yang bisa ditempuh. Sampai saat ini, sekolah ini sudah memiliki jenjang pendidikan hingga strata dua atau S2.

Konsentrasi Jurusan di STMT Trisakti

Secara khusus, jurusan manajemen transportasi trisakti memiliki konsentrasi jurusan manajemen transportasi udara, manajemen transportasi darat, manajemen transportasi laut dan manajemen logistik. Dari beragam konsentrasi ini, lulusan manajemen trisakti akan punya kesempatan untuk berkarir secara lebih fokus. Antara transportasi darat dan laut misalnya, ada tantangan yang berbeda saat kualitas layanan menjadi pusat perhatian. Untuk transportasi laut, faktor cuaca dan pelabuhan bisa jadi masalah rutin yang perlu inovasi cerdas yang bersifat khusus. Sementara untuk transportasi darat, masalah kepadatan kendaraan, jalan yang rusak dan sempit adalah masalah yang cenderung makin parah akhir-akhir ini. Memang setiap tahun, banjir dan mudik bisa menjadi masalah klasik. Namun bukan berarti tidak ada solusi yang bisa dicari. Solusi ini akan sangat penting jika lulusan STMT Trisakti bekeja dalam perusahaan transportasi darat maupun bekerja dalam struktur pemerintah.

Tantangan Dunia Kerja

Sebenarnya, peluang kerja STMT Trisakti sangat luas. Hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa apapun yang terjadi, orang akan tetap bepergian dengan angkutan yang dipilihnya. Dengan banyaknya perusahaan jasa transportasi, pelanggan jelas akan punya banyak pilihan. Disinilah fungsi manajemen memiliki peranan. Bagaimana standar keamanan diterapkan akan menjadi pembeda yang penting dalam sudut pandang konsumen. Konsumen saat ini cukup cerdas untuk menilai bahwa layanan murah meriah untuk angkutan apapun, juga berarti tingginya resiko keselamatan yang harus ditanggung. Keberhaasilan untuk meyakinkan bahwa moda angkutan yang dipakai aman akan memberi pengaruh positif bagi perkembangan jasa transportasi yang bersangkutan.

Author: Savina Mariska

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *