Apa Itu Fungsi Jangkar Pada Kapal?


Membatasi dan Menjaga Kapal Saat Berlabuh

Jangkar kapal dan perlengkapannya merupakan sesuatu dari bagian yang terbilang kompleks dari beberapa bagian mekanismenya. Kegunaan jangkar kapal yaitu berguna untuk membatasi dari pergerakan kapal pada saat kapal berlabuh di pelabuhan dan supaya kapal bisa tetap berada pada kedudukannya walaupun ada tekanan dari arus laut, gelombang, angin dan sebagainya. Kecuali memang itu berguna dalam membantu dari penambatan kapal ketika suatu saat diperlukan.

Jenis-jenis Jangkar Kapal

Menurut bentuknya, jenis jangkar kapal ini terbagi menjadi dua golongan, yang pertama adalah jangkar yang lengannya tidak dapat bergerak namun dilengkapi dengan sebuah tongkat dan jangkar kedua adalah jangkar yang lengannya dapat bergerak namun tidak dilengkapi dengan stick atau tongkat. Pada kapal-kapal niaga dari pelayaran yang besar pada umumnya biasanya dilengkapi dengan jangkar seperti jangkar haluan, jangkar arus dan jangkar cermat. Jangkar haluan adalah jangkar yang utama dan digunakan sebagai penahan kapal di dasar laut dan akan selalu untuks iap terpasang di sebelang lambung kiri atau kanan haluan kapal dan jangkar haluan ini mempunyai berat yang sama. Jangkar haluan cadangan adalah jangkar yang memang selalu disiapkan untuk pengganti jangkar utama jika hilang, jangkar cadangan haluan ini berada pada muka dekat haluan dan selalu siap jika diperlukan.

Kedua adalah jangkar arus yang mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada jangkar utama. Tempatnya berada di bagian dari buritan kapal yang akan digunakan sama seperti jangkar haluan yaitu untuk menahan dari buritan kapal, supaya kapal berada dalam posisinya dan tidak terbawa oleh arus laut. Di kapal-kapal niaga atau kapal-kapal penumpang yang besar, terkadang jangkar arus ini ditempatkan pada geladak orlop atau geladak yang pendek dan terletak pada di bawah geladak menerus. Jika demikian, itulah mengapa disebut dengan jangkar buritan dan mempunyai berat yang sama dengan jangkar haluan. Oleh karenanya, jika memang di suatu kapal sudah mempunyai jangkar buritan, maka tidak perlu lagi adanya jangkar haluan cadangan.

Ketiga adalah Jangkar cermat yang merupakan jangkar yang ukurannya lebih kecil lagi dari jangkar arus. Jangkar cermat berguna untuk memindahkan dari jangkar haluan jika kapal kandas atau diangkat dengan sekoci.

Author: Nining Qu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *