Alternatif Diklat dan Sekolah Bidang Pelayaran


Globalisasi dan Tenaga Kerja
Dengan semakin mudahnya informasi, dunia juga menjadi terasa semakin global. Globalisasi ini memang dapat membawa berbagai kebaikan, namun demikian ini juga bisa berarti bahwa Negara kita akan dengan mudah mendapatkan tenaga-tenaga kerja ahli dari luar. Untuk dapat bersaing dengan para tenaga ahli tersebut, kita harus menjadi tenaga yang siap kerja. Menempuh pendidikan tinggi memang penting, namun demikian belum tentu ketika anda sudah menempuh pendidikan tinggi yang pastinya memakan biaya banyak dan waktu yang lama, maka anda akan menjadi tenaga yang siap untuk diterjunkan ke dunia kerja. Dunia kerja memang banyak mengambil ilmu yang anda dapatkan dari bangku sekolah, namun demikian dunia kerja lebih lengkap daripada ilmu yang tercantum di buku saja. Banyak ilmu-ilmu yang hanya bisa membuat anda ahli ketika anda sudah berkecimpung dan berpengalaman.

Sekolah dan Diklat Pelayaran
Salah satu bidang kerja yang masih membutuhkan banyak tenaga ahli dan pemula adalah bidang pelayaran. Untuk bisa menjadi tenaga yang siap kerja di bidang ini, para pemuda biasanya harus terlebih dahulu lulus dari berbagai sekolah ataupun diklat pelayaran. Sekolah pelayaran terkemuka biasanya sudah dipercaya oleh para perusahaan pelayaran sehingga begitu lulus, para murid tersebut bisa langsung diterima di berbagai lowongan perusahaan pelayaran atau bahkan jika sekolah yang ditempuh adalah pelayaran angkatan laut, maka para siswa akan langsung menjadi anggota satuan angkatan laut.

Di sekolah –sekolah ataupun diklat ini, anda tidak melulu diajarkan tentang teori-teori perkapalan, namun anda sudah akan diajarkan bagaimana secara praktek dan teknis melakukan berbagai hal tersebut. Inilah bedanya mengapa begitu lulus, para siswa langsung menjadi tenaga siap kerja. Selain itu, kebutuhan akan pelayaran saat ini semakin meningkat karena semakin banyaknya pula perusahaan pelayaran baik yang bertujuan untuk liburan ataupun bisnis dan oleh karenanya semakin terbuka pula kesempatan untuk bekerja. Diklat pelayaran biasanya akan memastikan bahwa para siswanya bukan saja menjadi tenaga yang pintar, namun juga terampil dan bisa langsung disalurkan ke berbagai perusahaan tersebut.

Author: Ashri Rizki Rabani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *